Diet Bukan Berarti Berhenti Ngemil Dan Hanya Makan Sebutir Apel Sehari!

20120211-235857.jpg

Sungguh tersiksa rasanya menahan rasa lapar dan menutup mata untuk makan setangkup roti coklat keju dengan susu sapi segar, nikmatnya ikan bakar saus bbq yang dipanggang di atas arang kelapa, daging lulur dalam panggang yang disiram saus jamur dan keju mozarela atau nikmatnya lemak pasta daging keju yang meleleh di lidah..

Semua masakan itu sungguh nikmat dan layak dinikmati untuk memanjakan diri dan menghargai diri sendiri dengan memberi asupan yang istimewa sekaligus eksotis.
Tapi sering kita merasa ketakutan akan melarnya tubuh ini dan melebarnya pipi kita, akhirnya kita harus menutup mata, membohongi diri sendiri dan iri melihat betapa nikmatnya orang lain yang menikmati santapan itu tanpa rasa bersalah.

Nah lalu.. Kenapa kita harus menyiksa diri dengan hanya makan sebutir apel sehari, memuntahkan makanan yang telah ada diperut, minum susu rendah lemak, mengganti gula dengan sakarin, menghaluskan semua makanan, mengkonsumsi obat pelangsing dan penyusut perut atau entahlah metode apalagi yang digunakan demi tubuh langsing seperti mbak-mbak di iklan-iklan TV yang saat penayangannyapun telah dilakukan beberapa kali editing disana-sini demi mendapatkan penampakan yang ajaib seperti yang dimaui para produsen produk tertentu itu.

Coba kita berpikir kembali ke zaman kita SD dulu, kata ibu guru kita harus makan 3 kali sehari dan harus makan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna (pasti kita sudah tahu terdiri dari apakah itu?) supaya badan kita kuat sehat dan gembira, penyakit akan diusir dari tubuh kita dan katanya pula didalam tubuh yang sehat dan kuat itu akan tercermin jiwa yang sehat pula. Nggak gila, nggak sedih, nggak menyiksa diri, bisa berpikir dengan sehat dan nggak gampang muntah.. 🙂

Diet itu mengandung arti sebenarnya yaitu mengatur pola makan agar seimbang, nggak berlebihan dan mengandung nutrisi yg baik untuk tubuh, yg dibutuhkan oleh tubuh. Tapi kenyataannya diet adalah menyiksa diri sendiri dan membuat kita berperilaku tidak sehat.
Tubuh ini sangat perlu nutrisi yang disediakan di alam semesta yang indah dan aduhai ini, kita harus menikmatinya dan mengeksplorasinya. Kita harus berpetualang dan belajar mencari makanan yang baik bagi tubuh dan bisa mengolahnya dengan sangat eksotis dan nikmat yang pasti haruslah halal dan toyyiban.

Mau ngemil boleh saja, asalkan yang di’emil’ menyehatkan dan tidak berlebihan, ngemil buah, sayur, kacang-kacangan sangat baik untuk tubuh karena mengandung vitamin, mineral dan lemak yang sangat baik untuk metabolisme tubuh terutama jantung dan kulit (nggak usah takut wajah berjerawat, karena wajah berjerawat bukan kacang penyebabnya tapi mungkin karena kotoran yang menempel dan akibat stres badan nggak langsing-langsing pula).

Makan-makanan yang organik, artinya meminimalkan pemakaian bahan aditif lainnya, no msg, no pengawet, no sakarin.

Biasakan memasak makanan sendiri karena kita akan bisa mengontrol zat-zat apa yg kita tambahkan ke dalam masakan kita.

Gunakan bumbu-bumbu tradisional warisan nenek kita yang dijamin akan lebih nikmat rasanya dalam masakan daripada bumbu instan yang tersedia disupermarket yang mana bahannya sedikit banyak telah diekstrak dan diberi penambahan zat penguat lainnya.

Nikmatilah semua makanan yang baik dan menyenangkan jangan lupa baca Basmalah (atau berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing) sebelum makan.. 🙂

Awali hari dengan minum segelas air putih dan perasan jeruk nipis segar segera setelah bangun pagi akan membuat tubuh ini segar sepanjang hari untuk membantu proses detoksifikasi tubuh.

Jadi.. Jangan siksa tubuh kita dan mari makanlah sesuka hati dengan bergembira, secukupnya, sepuasnya dan baca Basmalah (berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing).. 😉

Selamat menikmati.. !
🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s