Ketika Anak-Anak Berkreasi

Kreatifitas memang datangnya tak terduga dan berasal dari mana saja tanpa permisi dan tanpa diinterupsi. Dan ketika imaginasi itu datang rasanya seperti bersendawa.. Dia harus melakukannya dan biarkan dia bercengkerama.

Suatu hari anak-anak sedang bermain diruang keluarga dan tergeletak sekantung penuh sedotan aneka warna dimeja, dan warna memang selalu menarik untuk dilihat. Iman, anak perempuan pertamaku langsung mengambil beberapa batang dan berlari kekamarnya, entah apa yang diperbuatnya, hanya saja aku ingin mengintipnya..

20120226-171210.jpg

(katanya ini adalah Erja, adiknya yang memang berambut keriting)

Dia tampak sedang duduk bersila dilantai asyik berbuat sesuatu dengan beberapa batang sedotan, selotip dan gunting. Dia menjadikan sebuah kotak bujur sangkar lalu menjadikannya lagi beberapa, dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah ‘rumah’ itu menurut pengakuannya.. 🙂

20120226-171252.jpg

Iman ingin membuat sebuah rumah dengan ayunan diatasnya, lalu dia mengambil potongan kardus sisa kotak sepatunya dan dipotong sehingga membentuk sebuah kursi (lalu kubantu dia menyempurnakan potongannya, meskipun akhirnya kubiarkan dia yang menyelesaikannya) dan dengan tali seadanya dia ikatkan diatas atap rumah sedotannya.

20120226-171304.jpg

Rasanya kurang rame jika sebuah rumah tanpa penghuni, lalu aku bilang padanya ‘Mbak Iman bikin orang-orangan aja, digambar lalu digunting biar rumahnya rame..’
‘Iya ini kan rumahku sama rumah adik’.. Sahutnya.

20120226-171332.jpg

Tak beberapa lama kemudian Iman mulai menggambar diatas kertas kardus gambaran karakternya dan karakter adiknya yang memang berambut keriting, lalu digunting dan diberi baju dari gambarannya sendiri, ditempel pada sebuah stik sisa stik es krim yang selalu disimpannya. Dengan semangat Iman menunjukkan padaku ‘sudah jadi ma..’. Tampak lucu pikirku.. 🙂

20120226-171351.jpg

20120226-171419.jpg
(sebuah ayunan diatas atap rumah sedotan)

Lalu Iman menambahkan beberapa perabot seperti lemari, kursi, meja, tempat tidur dan televisi menurut pengakuannya, dan kutambahkan satu pohon untuk menambah kenyamanan.. Hehhe..

20120226-171439.jpg

Dan dua penghuni rumah sedotan pun dimainkannya, mereka bermain ayunan dengan ceria, berkebun dan bernyanyi.. Mereka senang didalam rumah sedotan yang lengkap dan dilengkapi pula dengan sebuah ayunan diatapnya.. 🙂

20120226-171449.jpg
(Hai aku Iman pemilik rumah sedotan.. ;))

20120226-171458.jpg
(Hai aku Erja, aku senang berada dirumah sedotan bersama Mbak Iman.. ;))

Dan, semua isi yang ada didalam rumah sedotan adalah hasil karyanya dan semua cerita yang ada didalamnya pun adalah hasil kreasinya, menggunakan bahan ala kadarnya yang ditemukan didekatnya dan melarangku dengan paksa untuk tidak membereskannya hingga banyak debu dan rambut rontok memenuhi ruangan rumah sedotan.. :).
Apapun yang dilakukannya adalah sebuah masterpiece yang sayang untuk tidak diabadikan.
Jadi biarkan mereka menyusun imaginasinya dan berkelana membuat suatu karya yang lucu dan bahkan tak pernah kupikirkan sebelumnya atau memaksanya berbuat seperti itu. So love our kids and let them play their imagination freely.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s